Etika Dalam Mengirimkan Karangan Bunga di Setiap Acara

karangan-bunga

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika bunga banyak dimanfaatkan untuk berbagai acara non formal sampai semi formal. Bunga dijadikan salah satu bahasa untuk menunjukkan emosi dari setiap orang. Misalnya rasa bahagia yang meluap-luap, sedih karena ditinggal orang terkasih meninggal, atau memberikan ucapan selamat. Biasanya bunga yang dikirimkan sudah berbentuk karangan atau rangkaian. Anda yang ingin mengirimkan rangkaian atau karangan bunga kini tidak harus susah-susah membuat sendiri. Sebab saat ini sudah ada banyak toko bunga yang bisa membuatkan rangkaian bunga sesuai dengan permintaan pelanggannya. Namun dari segi harga tentunya akan sedikit berbeda antara satu karangan bunga dengan karangan bunga lainnya. Oleh sebab itulah, sangat penting bagi Anda untuk bisa mempertimbangkan anggaran yang dimiliki dengan pemilihan karangan bunga.

9 Etika Mengirimkan Karangan Bunga di Setiap Acara

Ketika Anda ingin mengirimkan rangkaian bunga pastinya ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dengan saksama. Ini dimaksudkan supaya karangan bunga bisa tersampaikan dengan tepat kepada si penerima. Tentunya Anda tidak mungkin memberikan karangan bunga kematian kepada orang yang sedang menikah bukan? Oleh sebab itulah, hal pertama yang harus diperhatikan dengan baik adalah etika dalam mengirimkan bunga. Hal ini sangat penting diketahui agar Anda tidak malu ketika mengirimkan karangan bunga.

Ada banyak manfaat ketika Anda memberikan karangan bunga ini kepada seseorang. Diantaranya adalah;

  • Menyampaikan simpati
  • Memacu kreativitas
  • Mempererat hubungan
  • Mengungkapkan perasaan
  • Sebagai hiasan

Nah berikut ini ada beberapa cara memilih rangkaian bunga yang setiap untuk di setiap acara.

  1. Valentine

Tanggal 14 bulan Februari di setiap tahunnya menjadi salah satu ajang para kekasih memberikan bunga dan cokelat kepada pasangan. Yang tidak punya pasangan menangis di pojokan. Hahaha. Di hari Valentine memang tidak lengkap jika para kaum lelaki tidak memberikan buket bunga atau cokelat. Dengan memberikan bunga kepada pasangan akan membuat jalinan kasih menjadi semakin romantis. Bayangkan saja kekasih mengetuk pintu rumah di hari Valentine dengan sebuket bunga besar di tangan. Wanita mana yang tidak senang? Hari Valentine memang menjadi salah satu hari dimana bisa menunjukkan rasa kasih sayang. Bahkan ada orang yang lama PDKT menyatakan cinta di hari Valentine ini.

  1. Hari Ibu

Tanggal 22 Desember menjadi hari Ibu di Indonesia. Dimana perayaan hari Ibu menjadi salah satu hari terbaik untuk memberikan bunga kepada Ibu tersayang. Sebab tanpa Ibu, kita tidak bisa terlahir ke dunia dan tidak mendapatkan kasih sayang. Memberikan bunga di hari Ibu menjadi isyarat kasih sayang. Anda bisa memberikan buket bunga mawar, lilac, anggrek, anyelir, tulip, atau bunga matahari. Pemberian buket bunga ini bisa disesuaikan dengan bunga kesukaan Ibu atau bisa sesuai selera Anda sendiri.

  1. Ulang Tahun

Salah satu momen lain yang bisa diberikan buket bunga adalah pada saat acara ulang tahun. Jangan merasa canggung ketika ingin memberikan buket bunga kepada orang terdekat ketika mereka ulang tahun. Bukan hanya kekasih saja yang bisa memberikan buket bunga saja ketika ulang tahun. Sebagai teman pun Anda bisa memberikan hadiah berupa buket bunga. Apalagi jika buket bunga dibarengi dengan kado lain seperti boneka atau cokelat. Ada banyak jenis bunga yang bisa dijadikan buket dan diberikan kepada teman. Misalnya bunga mawar, tulip, daisy dan banyak jenis bunga lainnya. Anda juga bisa memilihkan bunga sesuai dengan bunga kesukaan teman.

  1. Duka Cita untuk Pemakaman

Karangan bunga juga bisa diberikan ketika acara duka cita atau pemakaman. Memberikan karangan bunga tidak hanya menunjukkan simpati kepada almarhum atau almarhumah. Namun juga memberikan simpati dan kehangatan pada keluarga yang sudah ditinggalkan. Sudah menjadi hal lumrah mengirimkan bunga dukacita setelah mendengar kabar kematian teman, kerabat atau orang terkasih. Untuk karangan bunga duka cita yang dikirimkan biasanya berbentuk bunga papan dan berisikan tulisan belasungkawa. Warna bunga yang banyak dipakai membuat karangan bunga kematian adalah putih atau bunga bernuansa gelap.

  1. Acara Pernikahan

Anda juga bisa memberikan karangan bunga ketika teman atau kerabat ada yang menikah. Cukup banyak karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan besar mendapatkan bunga papan pernikahan sebagai bentuk keprofesionalitasan. Bunga pernikahan yang biasanya dikirimkan berupa bunga papan dan disematkan tulisan ucapan selamat pernikahan. Terdapat banyak macam jenis bunga yang bisa diberikan kepada orang yang menikah. Misalnya bunga mawar, tulip, bakung, ranum culus dan masih banyak lainnya. Dalam pemilihan warna bunga yang akan dipilih pun juga harus diperhitungkan dengan baik. Ini dimaksudkan supaya bisa lebih sesuai dengan acara pernikahan.

  1. Anniversary Pernikahan

Kemudian Anda juga bisa memberikan karangan bunga kepada pasangan dalam artian sudah sah menjadi suami istri. Biasanya menjelang anniversary pernikahan para suami akan menyiapkan berbagai macam kado untuk sang istri. Salah satunya adalah buket bunga dengan catatan romantis. Hal ini pastinya akan membuat pasangan menjadi senang dengan hadiah dari yang diberikan. Para suami bisa memberikan buket bunga mawar sedang atau besar untuk membuat istri-istri menjadi semakin sayang. Buket bunga ini pun sebagai lambang yang menyatakan terimakasih suami karena sudah hidup lama bersama.

  1. Selamat Atas Kelahiran Bayi

Di beberapa negara tetangga, sudah bukan hal asing lagi jika memberikan karangan bunga kepada teman atau kerabat yang sudah melahirkan. Nah Anda bisa memberikan karangan bunga kepada sahabat atau kerabat yang telah melahirkan. Ada satu momen menyenangkan ketika memesan rangkaian bunga ini, yakni ketika bunga mini untuk anak dan menempelkan ke buket bunga utama. Dengan begitu, perhatian tidak hanya akan untuk orang tua tetapi juga anak. Anda bisa memberikan karangan bunga ini beberapa hari setelah kelahiran anak.

  1. Ucapan Terima Kasih

Sebenarnya tidak harus menunggu ada acara khusus saat ingin menyampaikan kasih sayang dengan seikat bunga. Anda bisa memberikan buket bunga sebagai ucapan terimakasih pada orang tersayang. Ketika acara perpisahan sekolah pun bisa menjadi salah satu momen terbaik untuk memberikan buket bunga kepada guru-guru. Sebab mereka sudah membimbing dan mengajarkan banyak ilmu kepada murid-muridnya. Buket bunga yang diberikan bisa disematkan kartu ucapan untuk membuat semakin bagus dan menarik.

  1. Ucapan Selamat

Selain itu karangan bunga juga bisa diberikan sebagai ucapan selamat kepada seseorang yang naik jabatan, perusahaan membuka cabang, atau lainnya. Biasanya bunga papan yang dipilih untuk diberikan sebagai bunga ucapan selamat. Memberikan karangan bunga sebagai ucapan selamat menunjukkan bahwa kita respect terhadap orang itu. Penerima bunga pun akan merasa senang dan memiliki rasa balas budi ke depannya.

Nah itulah beberapa etika yang bisa diterapkan ketika ingin memberikan karangan bunga di sebuah acara. Hal paling penting dalam pemilihan buket bunga adalah tempat pemesanannya. Pastikan untuk bisa memilih florist yang tepat dan sudah berpengalaman. Dengan begitu Anda bisa merasa nyaman dan aman selama pemesanan.

Chat dengan kami melalui WhatsApp